Kamis, 24 Januari 2013

Cara memahami puisi "PARTING AT MORNING"


Oleh: JOKO SUKOCO

BOLEH DI KLIK


http://3.bp.blogspot.com/-T16TCJImJjI/UQH8kaLg4kI/AAAAAAAAAGs/e8SoeQ02i-A/s1600/r+browning.jpg

Cara memahami puisi PARTING  AT MORNING. Puisi ini  merupakan lanjutan karya Robert Browning  sebelumnya yaitu MEETING AT NIGHT. Untuk itu sebelum anda membaca artikel ini ada baiknya jika anda membaca artikel tentang MEETING AT NIGHT terlebih dulu.Puisi PARTING AT MORNING hanya memiliki  satu bait yang terdiri dari empat baris dengan sajak  abba. Berikut adalah puisi tersebut selengkapnya






PARTING AT MORNING

Round the cape of a sudden came the sea,
And the sun looked over the mountain's rim;
And straight was a path of gold for him,
And the need of a world of men for me.


Sebelum memahami isi puisi ini, kita lihat dulu judulnya. Judul PARTING AT MORNING yang berarti perpisahan di pagi hari memberikan pengertian pada kita bahwa akan terjadi perpisahan di pagi hari. Oleh karena itu kita harus selalu bertanya siapa yang melakukan perpisahan, di mana tempatnya, penyebab terjadinya perpisahan, dan lain-lain yang berkaitan dengan judul puisi ini.Perpisahan ini terjadi di pagi hari, hal ini juga harus kita selidiki kenapa?

Kita mulai dari baris pertama yang berbunyi:"Round the cape of a sudden came the sea,", yang berarti "Sekitar tanjung dari suatu kedatangan yang mendadak laut". Hal ini berarti bahwa keadaan sekitan tanjung itu tadinya tidak nampak (karena malam hari), terus mereka mendadak kelihatan, dan kelihatan pula laut yang tadinya berwarna abu-abu(dalam MEETING AT NIGHT) menjadi berwarna seperti biasanya (di siang hari).Kedatangan mereka yang secara mendadak ini mengagetkan karena semuanya kelihatan jelas dan terang.

Baris kedua berbunyi:"And the sun looked over the mountain's rim;", yang berarti "Dan mentari nampak dari punggung gunung". Apabila dipotret maka baris kedua ini seperti gambar berikut:




Baris ketiga berbunyi:"And straight was a path of gold for him,", yang berarti:"Dan lurus adalah sebuah jalan emas bagi dia". Kita lihat lagi gambar di atas, nampak bahwa matahari berada di punggung gunung dan memancarkan sinarnya yang keemasan serta lurus jalannya.


Baris terakhir berbunyi:"And the need of a world of men for me.", yang berarti:"Dan suatu kebutuhan akan dunia laki-laki bagiku". Baris ini merupakan pernyataan tulus dari setiap manusia yang baru saja lahir kembali ke dunia nyata setelah larut dalam dunia mimpi (dunia cinta). Apabila orang sedang jatuh cinta dan berada di dekat orang yang dicintai, maka semuanya nampak indah, semua yang bersifat sepele (kecil) menjadi bersifat sangat besar dan menyenangkan. Hal ini semua diceriterakan dalam MEETING AT NIGHT, namun begitu bangun dari alam cinta , kembali ke alam nyata maka semuanya berubah. Pada saat kita sedang "in love" maka kekasih kita sangatlah cantik, tetapi jika kita sudah tidak "in love" lagi, maka kekasih kita menjadi apa adanya.

Semoga bermanfaat
TERIMA KASIH


Klik bawah ini, jika anda menyukai tulisan ini. Kembaki ke MENU klik di bawah SUKA

---BERANDA---SENI---SCIENCE---AGAMA---FILSAFAT---CARA2---GAMBAR POUR NOW---HERBAL KOCOK

Tulisan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar