Jumat, 22 Maret 2013

Cara menjaga kesehatan kita

Oleh: JOKO SUKOCO

BOLEH DI KLIK

http://2.bp.blogspot.com/-f1L_vsxYkKM/UUxC-seMp1I/AAAAAAAAAr8/iflo3p9IKKY/s1600/sehat.jpeg
CARA MENJAGA KESEHATAN KITA. Keinginan kita bersama adalah berumur panjang dan sehat. Kita semua menyadari bahwa kita membutuhkan segala sesuatu, tetapi segala sesuatu yang kita miliki tidak akan berarti apa-apa tanpa kesehatan yang memadai. Oleh karena itu, kita harus  menjaga agar kesehatan kita tetap dalam kondisi yang prima. Pengin tahu caranya? Baca terus!!

Dalam teori IPO (Input – process- output) dikatakan bahwa apapun ujud input (masukan), jika mendapatkan perlakuan yang baik dalam proses, maka hasilnya (output) akan menjadi lebih baik dari masukannya (input). Pemahaman ini akan kita coba terapkan dan kita analisis lebih dalam berkaitan dengan kesehatan kita.

INPUT

Hampir sebagian besar kita terlahir dalam kondisi kesehatan yang baik. Dalam bidang kesehatan, berarti kita memiliki input yang baik. Anggota tubuh kita lengkap dan semuanya berfungsi dengan baik. Pikiran kita juga masih bersih, dalam arti belum banyak masalah yang kita hadapi. Hati kita juga masih suci, belum banyak memiliki noda hitam yang oleh orang beragama diberi nama dosa. Dengan kata lain, kondisi tubuh kita pada waktu terlahir hingga masa kecil (sebagai input) kesehatan kita adalah baik (sehat) jasmani dan rohani. Seiring dengan perkembangan waktu, maka kondisi itu akan kita olah (proses) sesuai dengan keadaan kita masing-masing. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut:

PROSES

1.      Makan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi
Manusia terdiri dari berjuta-juta sel. Setiap sel dari tubuh kita selalu memerlukan makanan untuk dapat bertahan hidup. Apabila kita merasa lapar, maka yang lapar sebetulnya adalah sel-sel tubuh kita. Karena kebutuhan makan setiap sel tubuh kita berbeda, maka jenis makanan yang kita konsumsi untuk memenuhi rasa lapar sel-sel tubuh kita juga harus bervariasi. Agar sel-sel tubuh kita tumbuh dengan sehat, maka makanan yang kita berikan juga harus bergizi tinggi dan memiliki kandungan nutrisi yang memadai. Panduan umum untuk memenuhi kebutuhan ini adalah “empat sehat lima sempurna”. Makanan yang kita konsumsi, minimal harus ada unsur: nasi (karbo hidrat),sayur, lauk, buah, dan susu.

2.      Melakukan olah raga secara routine
Untuk mendapatkan kesehatan yang optimal, kita harus melakukan olah raga secara teratur. Olah raga dibagi dua (2) yaitu atletik dan permainan. Atletik terdiri dari: jalan, lari, lompat, dan lempar. Banyak sekali ragam permainan yang dapat kita lakukan dalam berolah raga. Permainan bola besar, bola kecil, dilakukan di ruangan (indoor) atau yang di lapangan terbuka (outdoor). Untuk mendapatkan kesehatan yang memadai, maka kita harus melakukan olah raga (apapun) hingga mengeluarkan keringat minimal tiga (3) hari sekali.

3.      Istirahat dan tidur yang cukup
Baik kita selaku pekerja keras secara fisik (pekerja berat) maupun pekerja keras secara pikiran (karyawan berdasi), kita tetap memerlukan istirahat dan tidur yang cukup untuk memulihkan kesehatan kita. Satu (1) hari satu (1) malam terdiri dari 24 jam. Dan selama itu, kita harus melakukan istirahat/tidur selama 8 (delapan) jam. Bagaimana cara tidur nyenyak, dapat dilihat  DI SINI  

4.      “Terus Belajar” untuk memperlambat kepikunan
Semua penyakit ada obatnya, kecuali kepikunan. Berkaitan dengan kesehatan, maka kita tidak mungkin menyembuhkan kepikunan yang kita alami. Yang dapat kita lakukan hanyalah memperlambat kepikunan. Otak kita tadinya adalah putih bersih, tidak ada noda satupun. Semakin bertambah usia kita maka semakin banyak noda hitam yang ada dalam pikiran kita. Jika noda hitam yang ada dalam otak kita sudah begitu banyak, maka pikunlah kita. Untuk memperlambat jumlah noda hitam yang ada dalam pikiran kita adalah dengan cara “belajar”. Banyak sekali kegiatan yang dapat kita lakukan yang termasuk dalam kategori “belajar”. Kegiatan-kegiatan itu dapat berupa: sekolah/kuliah, seminar, diskusi, mendengarkan ceramah/kotbah, membaca/menonton TV/mendengarkan radio dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus tetap “belajar”, untuk memperlambat kepikunan yang akan menimpa diri kita masing-masing.

5.      Melaksanakan check up kesehatan secara berkala
Untuk mengetahui perkembangan kesehatan kita, maka kita perlu melakukan check up kesehatan secara berkala. Untuk General Check Up biasanya dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara umum. Hal ini dapat dilakukan setahun sekali. Pengecekan kesehatan gigi biasanya dilakukan setengah tahun sekali. Cek keadaan darah juga perlu dilakukan. Minum obat cacing biasanya dilakukan tiga bulan sekali. Untuk mengetahui perkembangan kesehatan kita, maka lakukan pengecekan secara berkala

OUTPUT

Apabila kelima hal yang ada dalam proses itu kita laksanakan semua, atau hanya sebagian saja yang dapat kita laksanakan, maka hasilnya (sebagai output) kesehatan kita, dapat dilihat dan dihitung DI SINI . Silahkan baca, ukur dan hitung sendiri berapa output kesehatan anda. 

Semoga bermanfaat

TERIMA KASIH


Klik bawah ini, jika anda menyukai tulisan ini. Kembaki ke MENU klik di bawah SUKA

---BERANDA---SENI---SCIENCE---AGAMA---FILSAFAT---CARA2---GAMBAR POUR NOW---HERBAL KOCOK

Tulisan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar