Sabtu, 15 Maret 2014

Cara memahami hadist 73

Oleh: JOKO SUKOCO

BOLEH DI KLIK

http://2.bp.blogspot.com/-SPf0e3jQnvc/Uz_6uM1QJPI/AAAAAAAABWQ/qUHrKuf2O4U/s1600/tujuhtiga.jpeg
CARA MEMAHAMI HADIST 73. Hampir semua orang Islam mengetahui Hadist ini. Karena umat Islam akan pecah menjadi 73 dan yang masuk surga hanya 1 (satu), maka terjadi perbedaan pemahaman antar satu golongan dengan golongan yang lain. Semua golongan mengatakan dan meyakini bahwa golongannyalah yang akan masuk surga, otomatis yang lain masuk neraka. Bagaimana cara memahami tanpa larut dalam suatu golongan? Baca terus!


Inilah salah satu dari 14 (empat belas) hasist tentang terpecahnya umat Islam
Hadits Mu’awiyah bin Abi Sufyan :

 عَنْ أَبِيْ عَامِرٍ الْهَوْزَنِيِّ عَبْدِ اللهِ بْنِ لُحَيِّ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِيْ سُفْيَانَ أَنَّهُ قَامَ فِيْنَا فَقَالَ: أَلاَ إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِيْنَا فَقَالَ: أََلاَ إِنَّ مَنْ قَبْلَكُمْ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ اِفْتَرَقُوْا عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً وَإِنَّ هَذِهِ الْمِلَّةَ سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ. ثِنْتَانِ وَسَبْعُوْنَ فِي النَّارِ وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَهِيَ الْجَمَاعَةُ .

Dari Abu ‘Amir al-Hauzaniy ‘Abdillah bin Luhai, dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan, bahwasanya ia (Mu’awiyah) pernah berdiri di hadapan kami, lalu ia berkata: “Ketahuilah, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di hadapan kami, kemudian beliau bersabda, “Ketahuilah sesungguhnya orang-orang sebelum kamu dari Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) terpecah menjadi 72 (tujuh puluh dua) golongan dan sesungguhnya ummat ini akan berpecah belah menjadi 73 (tujuh puluh tiga) golongan, (adapun) yang tujuh puluh dua akan masuk Neraka dan yang satu golongan akan masuk Surga, yaitu “al-Jama’ah.”




CARA MEMAHAMI HADIST DI ATAS


Ada Hadist yang mengatakan bahwa pengikut Muhammad SAW akan masuk surga. Hal ini tidak berarti bahwa yang MENYATAKAN DIRI sebagai pengikut Muhammad langsung mendapat jaminan akan masuk surga, dan yang lain masuk neraka.



Klik pemahaman 1,lalu baca penjelasan di atas!

Klik pemahaman 2,lalu baca penjelasan di atas!

Klik pemahaman 3,lalu baca penjelasan di atas!

Klik pemahaman 4,lalu baca penjelasan di atas!

Tekan tombol ini untuk mengakhiri!



Semoga bermanfaat

TERIMA KASIH


Klik bawah ini, jika anda menyukai tulisan ini. Kembaki ke MENU klik di bawah SUKA

---BERANDA---SENI---SCIENCE---AGAMA---FILSAFAT---CARA2---GAMBAR POUR NOW---HERBAL KOCOK

Tulisan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar